F proses terjadinya hujan materi iPA kelas 3 sd semester 1 | kampong pendidikan

proses terjadinya hujan materi iPA kelas 3 sd semester 1

assalamu alaikum wa wr ...........
pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan proses terjadinya hujan yang di bahas atau di pelajari dalam mata pelajan ilmu pengetahuan alam kelas 3 sekolah dasar semester 1 ((satu). apa itu hujan dan kenapa bisa terjadi hujan. hujan adalah suatu terjadinya air yang jatuh dari awan turun kebumi dan air mengalir ke laut atau sebuah pristiwa terjadinya butiran butiran air yang berasal turun kebumi dan mengalir kedataran yang paling rendah. air hujan yang turun dari awan semua akan berkumpul kelautan. karena lautan merupakan dataran yang pling rendah. langsung saja kepembahasan proses terjadinya hujan.

proses  terjadinya hujan. 


  1.  matahari yang bersinar panas menyinari bumi. akibat energi dari sinar matahari ini akan terjadi evaporasi atau juga disebut penguapan di laut, danau sungai samudra dan berbagai sumber lainnya yang ada di bumi sehingga menghasilkan uap air.
  2. uap uap air ini akan naik kepermukaan dengan ketinggian tertentu dan akan mengalami kondensi. pristiwa kondensi ini diakibatkan suhu uap air lebih rendah dibandingkan dengantitik embun uap air.
  3. uap-uap air yang dihasilkan sinar matahari akanmembentuk awan,lalu angin terjadi perbedaan udara yang akan membawa butiran-butiran air.
  4. butiran air ini akan terjadi pengabungan  atau disebut proses koalensi. butiran air akan tertarik oleh gravitasi bumi dan akan turun atau jatuh ke bumi.
  5. ketika jatuh kebumi butiran air tersebut akan melewati lapisan lebih hangat sehingga butiran air tersebut sebagian akan menguap lagi atas dan beberapa butiran tadi akan turun kebumi sebagai hujan. dan ini lah yang di sebut hujan.
demikian sedikit uraian tentang proses terjadinya hujan. dengan membaca artikel ini semoga menambah wawasan atau atau pengetahuan anda.