F macam-macam cuaca.materi IPA kelas 3 SD/MI | kampong pendidikan

macam-macam cuaca.materi IPA kelas 3 SD/MI

macam-macam cuaca
1. cuaca cerah
 cuaca cerah merupakan cuaca menunjukkan langit dalam kondisi yang terang. sinar matahari yang memancari terang tetapi tidak begitu panas, terdapat awan berlapis lapis tipis seperti bulu-bulu
2. cuaca berawan
 cuaca berawan merupakan  cuaca menunjukkan di langit terdapat awan . dan awan pun merupakan uapan air yang ada di udara. uap air berasal dari berbagai kumpulan air dibumi yang begitu banyak misalnya di laut danau dan sungai yang naik keatas permukaan bumi atau diudara karena pengaruh panas.
3. cuaca panas
matahari bersinar menyinari menghangatkan udara di sekeliling bumi. beberapa tempat di bumi mendapatkan lebih banyak sinar matahari sehingga lebih panas dari pada tempat lainnya. daerah itu tersebut menunjukkan daerah khatulistiwa. danindonesia merupakan daerah yang terletakdi bagian daerah khatulistiwa. sehingga cuacanya selalu panas suhu di dataran rendah.
4. cuaca berangin
angin merupakan udara yang bergerak. angin bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi  menuju ke daerah yang bertekanan rendah. untuk di waktu siang hari daratan akan lebih cepat panas dari pada lautan, sehingga tekanan udara  didaratan lebih rendah daripada tekanan udara di atas laut
5. cuaca hujan
 hujan  adalah udara yang mengandung uap air udara yang naik keatas membentuk awan. semakin keatas suhu uap air akan menjadi lebih rendah. pada suhu tertentu uap air tersebut akan membentuk titik titik air atau embun. titik titik air tersebut akan berubah menjadi tetesan air. semakin lama tetesannya air itu semakinberat dan akhirnya jatuh kebubi dalam bentuk hujan.